4 Kriteria Tempat Usaha yang Paling Banyak Diburu Konsumen

4 Kriteria Tempat Usaha yang Paling Banyak Diburu Konsumen

4 Kriteria Tempat Usaha yang Paling Banyak Diburu Konsumen 
Kriteria tempat usaha merupakan hal krusial yang penting untuk diketahui pengembang atau developer. Karena, jika kriterianya menarik dan bisa mendatangkan banyak keuntungan, maka akan banyak konsumen yang memburu tempat usaha yang dibangun. Lantas, jika Anda seorang pengembang, kriteria apa saja yang paling diburu konsumen? Simak 4 di antaranya.
1. Dekat Pusat Keramaian
Tidak harus pusat kota, asalkan ramai pengunjung, maka tempat usaha yang Anda kembangkan bisa menarik banyak konsumen untuk membelinya. Karena, tempat ramai cenderung menghasilkan trafik pengunjung yang jauh lebih besar daripada tempat sepi.
Kemudian, tempat usaha ini harus dekat dari jalan raya dan tidak tertutupi oleh gedung pencakar langit. Tempat usaha yang sulit untuk dilihat orang kecuali jika dilihat dari dekat tentu saja minim pengunjung. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan ketinggian gedung-gedung di samping Anda.
2. Masih Jarang Kompetitor
Daerah yang baru berkembang dan banyak infrastruktur yang sedang dibangun cenderung dipilih konsumen untuk dijadikan tempat usaha. Selain belum banyak kompetitor yang menggeluti bisnis yang sama, pengunjungnya pun cenderung banyak. Tapi, Anda juga perlu memberitahu konsumen tentang jenis usaha apa yang akan digeluti oleh konsumen lainnya.
Terlebih untuk dua tempat usaha yang lokasinya berdekatan. Karena, jika salah satu tempat usaha yang Anda jual digunakan untuk pabrik penggilingan daging (baso), padi, atau beras, akan menimbulkan kebisingan. Sangat tidak cocok konsumen di sebelahnya membuka usaha pengobatan akunpunktur yang membutuhkan ketenangan.
3. Jelasnya Prosedur dan Kepemilikan
Meski tidak menyerahkan sertifikat kepemilikan tempat usaha pada konsumen, Anda perlu memberikan jaminan legalitas dari tempat usaha yang Anda jual. Dengan begitu, konsumen akan semakin tertarik dan merasa tenang tanpa khawatir tempat usaha mereka akan dibongkar Satpol PP karena dianggap membuka usaha di tempat atau secara ilegal.
Selain mampu menumbuhkan kepercayaan konsumen pada Anda, tempat usaha yang legal juga bisa menghindarkan Anda dari masalah. Karena, bukan hanya konsumen Anda yang berurusan dengan Satpol PP. Anda sebagai pengembang juga turut bertanggungjawab terhadap legalitas tempat usaha yang Anda bangun.
4. Lahan Parkir Luas
Meski terlihat sepele, tapi orang-orang memang lebih senang mendatangi toko yang memiliki lahan parkir, apalagi jika luas dan gratis. Bahkan, di kota-kota besar seperti metropolitan, keberadaan lahan parkir berperan dalam mengurangi jumlah penilangan akibat pengunjung toko yang parkir sembarangan.

Keempat kriteria tempat usaha yang paling banyak disukai dan diburu konsumen tersebut bisa Anda jadikan tolak ukur dalam membangun tempat usaha yang berkualitas. Jika satu lokasi tempat usaha berhasil Anda kembangkan dan konsumen puas, tidak menutup kemungkinan untuk Anda memperoleh proyek lainnya yang lebih besar lagi.