4 Masalah Motor Matic Beserta Solusi Lengkapnya


4 Masalah Motor Matic Beserta Solusi Lengkapnya

Transportasi adalah aspek penting dalam kehidupan manusia. Motor matic adalah salah satu alat transportasi pribadi yang simple jika digunakan untuk pergi ke suatu tempat sesuai keperluan. Akan tetapi, tak jarang bahwa motor mengalami kerusakan. Mengenai hal itu, berikut ini ada 4 masalah motor matic yang umumnya terjadi beserta solusinya.

1.    Tarikan Gas Motor yang Berat
Hampir 80% performa motor matic bergantung pada tarikan gas. Jika Anda tak berhati-hati dalam merawatnya bisa jadi tarikan gas motor berubah menjadi berat. Tarikan gas motor yang berat tersebut umumnya diakibatkan oleh filter udara (penyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar) yang kotor karena tercampur oleh partikel debu dan kotoran lainnya.

Cara untuk mengatasinya cukup mudah. Rajinlah dalam memeriksa kondisi filter udara tersebut. Khusus untuk motor matic, kini sudah banyak tersedia filter udara jenis basah, yaitu filter udara yang sekali pakai atau harus ganti apabila sudah kotor karena memang tidak bisa dibersihkan.
Dengan penggunaan filter udara sekali pakai ini, maka motor matic akan terjaga kebersihan filter udaranya. Anda tinggal mengecek saja secara rutin bagaimana kondisi filter udara, apakah masih bersih atau sudah kotor. Hal ini harus dipastikan agar aman dan nyaman saat berkendara dengan tarikan gas yang normal.

2.    Motor Mendadak Mogok
Pasti Anda merasa kesal apabila motor tiba-tiba mogok. Umumnya, penyebab motor matic mendadak mogok adalah setelan klep yang terlalu rapat, sehingga mesin lebih cepat panas dan akselerasi kecepatan berkurang. Inilah yang menyebabkan mesin motor akhirnya mati.

Untuk mengatasinya, segera bawa motor ke bengkel terpercaya untuk di-setting sesuai dengan standar motor karena satuan untuk klep ini berbeda-beda. Agar tidak salah, maka Anda wajib melakukannya demi kelancaran dalam berkendara.

3.    Mesin Overheating
Mesin yang menjadi sangat panas atau overheating setelah digunakan merupakan persoalan yang sering terjadi pada motor matic. Overheating tersebut disebabkan oleh sirkulasi oli dalam mesin motor yang tersumbat. Suhu yang terlampau panas tersebut timbul karena sistem pembakaran atau gesekan-gesekan yang terjadi antara liner boring dan piston.

Panas tersebut tidak mampu diredam oleh pelumas, sehingga suhu cepat naik dan piston memuai serta macet pada liner boring. Cara untuk mengatasinya adalah menunggu mesin sampai benar-benar dingin, kemudian masukkan oli baru melalui lubang busi. Hal ini berguna untuk melumasi piston yang tersumbat. Setelah beres, nyalakan motor dengan starter elektrik.

4.    Gas dan Rem yang Tidak Lancar
Jika motor dipakai dalam waktu lama, tarikan gas motor terkadang mennjadi tidak mulus. Hal ini terjadi karena lubang kecil di tutup tangki untuk ventilator tersumbat. Sirkulasi udara jadi hilang dan bahan bakar tidak mengalir. Untuk mengatasinya, pastikan lubang ventilator tutup tangki bersih. Gunakan kompresor untuk membuang kotoran yang menyumbat lubang.

Selain gas, rem juga bisa tidak lancar saat pemakaian karena sering dipakai, terlebih untuk melewati jalan turun. Karenanya, periksalah kondisi kanvas rem secara rutin. Ketika handle rem belakang atau depan ditekan kuat dan tangkai rem terasa keras dan pengereman kurang pakem, maka segera ganti kanvas rem agar rem menjadi cakram dan tidak blong.


Persoalan motor memang tak bisa dicegah sepenuhnya. 4 persoalan yang paling umum terjadi pada motor matic tersebut memang harus diwaspadai dan segera ditangani agar aman dan nyaman untuk berkendara. Pastikan juga untuk mengecek kondisi kendaraan secara keseluruhan setiap kali akan mengendarainya. Hal ini sangat penting demi keselamatan Anda,